Senin, 04 Maret 2013

On My Way to Home (Flores Trip Part 4)

Postingan ini merupakan postingan terakhir saya selama 10 hari di Flores. Untuk postingan sebelumnya, silahkan klik link dibawah ini untuk mengetahui cerita seru saya selama di Flores :D

Flores Trip part 1 - T.N Komodo
Flores Trip part 2 - Kelimutu
Flores Trip part 3 - Bena Village

Gak terasa sudah 6 hari saya berada diluar rumah, sebenernya ga ada pengaruhnya sih, karena saya sudah terbiasa berada diluar rumah. Tahun 2012 ini, mobilitas saya cukup tinggi (ceilah...) mungkin akibat banyaknya tiket promo yang berhasil saya dapatkan, bertambahnya teman-teman yang sama-sama hobi traveling, ajakan untuk kesana kesini, serta banyak faktor lainnya. Tapi bagaimanapun, saya tetap merindukan kamar bertembok kuning super nyaman, kasur super nyaman ditambah bantal kesayangan saya dirumah. Saya adalah tipe orang yang bisa tidur dimanapun, bahkan tidur di terminal, bandara dan stasiun pun sudah pernah saya coba. Tapi, tetap saja ya, kalo ada yang nanya, "dimana tempat ternyaman untuk tidur?" Sudah pasti saya jawab "dirumah!".
Postingan saya kali ini adalah bagian terakhir dari Trip Flores, dimana saya akan share perjalanan panjang saya menuju Surabaya, rumah saya.

Sabtu, 17 November 2012
Pagi sekali, sekitar jam setengah 6 pagi, kami bersepuluh jalan kaki menuju pelabuhan untuk menaiki kapal menuju Sape. Semalam kami sepakat untuk membeli tiket bis "Langsung Indah" seharga Rp 340.000, mahal ya? Memang, karena sudah include 2x makan dan 3 tiket kapal ferry yaitu ferry Labuan bajo-Sape, ferry Pototano-Kayangan, dan juga ferry Lembar-Padang bay. Serta kami juga melintasi 4 pulau, yaitu Pulau Flores, Sumbawa, Lombok dan Bali.
Sekitar jam setengah 8 pagi, kapal ferry yang kami naiki meninggalkan Labuan bajo, setelah 6 hari di Flores, berat rasanya untuk meninggalkan pulau indah nan gersang ini :( Banyak sekali hal-hal menyenangkan yang terjadi disini, hal-hal yang (mungkin) akan saya ingat sepanjang hidup saya.
Sepanjang perjalanan menuju sape, banyak pemandangan keren yang terlihat, pulau-pulau kecil itu seakan memanggil saya untuk mampir, menyuruh saya untuk menginjakkan kaki diatasnya. Ah... Lain kali ya! Lain kali saya akan datang kesini, semoga diberi rezeki dan kesempatan oleh اللّهُ, Aamiin. Sepanjang perjalanan saya mengisi waktu dengan telepon teman saya, ngobrol bareng Ramdan-Anggi-Diyan-Obet di bangku penumpang sambil main UNO, bengong ga jelas, makan mi rebus bareng Dimas, foto-foto, dan juga duduk di tangga kapal bareng Dimas sambil curcol sambil ngeliatin aktivitas awak kapal. Awalnya sih, saya mencoba untuk tidur selonjoran di bangku penumpang, tapi saya malah ga bisa tidur -,- Sekitar jam setengah 3, kapal ferry yang saya naiki merapat di Pelabuhan Sape \(´`)/ Ini pertama kalinya saya menginjakkan kaki di Pulau Sumbawa, kesan pertama adalah panas dan gersang! Dari pelabuhan ini, kami sudah dijemput oleh bis kecil untuk menuju kota Bima. Perjalanan dari pelabuhan ke Bima memakan waktu sekitar 1,5 - 2 jam, ditemani dengan pemandangan keren ala Afrika. Dan hampir jam setengah 5, kami sampai di Terminal Kota Bima. Saya langsung ikutan menyerbu tukang cilok yang baru datang, lumayanlah jajan kali ini ditraktir Suging :D Selanjutnya saya makan sepiring bertiga, lalu sholat Maghrib dan Isya di masjid seberang terminal. Jam 7 tet, bis meninggalkan terminal, yah setidaknya saya sudah pernah menginjakkan kaki di Kota Bima :D

Minggu, 18 November 2012
Jam 2 pagi saya dibangunkan oleh Dimas untuk makan sesi pertama. Dan jam 3 lebih saya dibangunkan lagi untuk turun dari kapal, nyenyak sekali tidur saya, sampai bis naik ke kapalpun saya tidak sadar. Diluar masih gelap sekali, dan saya naik ke atas kapal untuk pindah tidur :D Sekitar jam setengah 5 pagi saya sudah berada dalam bis lagi, dan saya sudah berada di Pelabuhan Kayangan, Pulau Lombok. Pemandangan diluar pas lagi sunrise, seneng ngeliatnya (з˘⌣˘`ε)

Ngeliat sunrise dari dalam bus
Sekitar jam 8 pagi, kami turun sebentar (3 jam) di terminal Mandalika, Mataram, untuk makan sesi kedua dan istirahat. Saya sempet ketemu Rinja disini, selalu ya, kalo lagi di Lombok pasti si Rinja selalu nemenin, makasih ya, nja (з˘⌣˘`ε)
Jam 11 teng, bis kami melanjutkan perjalanan, dan sekitar jam 1 siang, bis sudah berada di dalam kapal ferry. Kapal ferry kali ini adalah kapal ferry paling bagus yang pernah saya naikin, buatan Jepang! Kamar mandinya bersih banget, lobinya keren, interiornya juga keren :D Selama 4 jam kami terombang ambing diatas kapal, ombaknya lagi tinggi nih, tapi tetep seru kok! Sekitar jam 7 malam, kami sampai di Terminal Ubung, Denpasar, dan langsung menuju ke kawasan Kuta untuk mencari penginapan, dan mungkin menikmati hingar bingar kawasan Kuta juga kali :D Oiya, kami menginap di Hotel Mahendra, dengan rate Rp 150ribu per kamar.

Senin, 19 November 2012
Karena saya tidur nyenyak semalaman, saya baru bangun jam 8 pagi, dan langsung sarapan roti di lobi (ˆڡˆ) Hari ini rencananya kami akan jalan-jalan di Bali, saya dan dimas akan jalan ke Blue Point dan Dreamland, Anggi-Obet-Suging-Dedy-Tyo akan jalan ke Kintamani, Ramdan janjian dengan temannya dan Herman beristirahat di kamar.
Sekitar jam setengah 11, saya dan Dimas berangkat ke Blue Point naik motor sewaan. Kami berdua belum pernah kesini, jadinya kami bermodalkan gps dan nanya2 biar bisa sampe sini. Saya baru tau kalo pantai ini banyak dikunjungi oleh para surfer, karena sebelumnya saya juga belum browsing tentang Blue Point, hanya lihat-lihat foto teman saja. Lebih banyak turis asing yang kemari, daripada turis lokalnya, memang bagus sih pantainya, banyak batu-batu besar disekitarnya :)

Selanjutnya, kami berdua menuju Dreamland, ga susah kok kesini, karena Dimas sudah tau jalannya :p Garis pantainya panjang, jadinya bisa puas jalan-jalan sampai ujung \(´`)/ Oiya, kalo mau cari tempat yang tenang buat foto-foto, dalam artian ga banyak orang lewat (sepi), tinggal jalan aja ke ujung pantai. Sepi banget.....

Dan...jalan-jalan hari ini ditutup dengan sunset khas Pantai Kuta \(´`)/ Makasih buat cuaca bali yang cerah, makasih juga buat Dimas yang uda nemenin jalan ke Blue Point (з˘⌣˘`ε)
Sunset Kuta
Dimas & Me
Sekitar jam 8 malam, saya-Dimas-Ramdan meninggalkan penginapan, it mean besok malam sudah bisa tidur pulas lagi di kasur empukku \(´`)/ Kami naik bis jurusan jember dengan harga Rp 40ribu/orang (hasil nego antara Dimas dengan calo bis, harga awal sekitar Rp 60ribu), sebenernya tujuan kami naik bis ini hanya untuk menumpang sampai kapal ferry saja.

Selasa, 20 November 2012
Sekitar jam setengah 1 malam, kami sudah berada diatas kapal dan kapal telah meninggalkan Pelabuhan Gilimanuk untuk menuju Pulau Jawa. Ombak malam itu cukup besar, sampai saya bisa merasakannya. Suasana di kapal juga sepi sekali, untung dikanan kiri saya ada bodyguard yang bisa diandalkan selama 30 menit perjalanan diatas kapal :p Setelah turun kapal, kami bertiga makan soto terlebih dahulu didepan pelabuhan, lumayan enak (ˆڡˆ) Sekitar jam 3 pagi, kami sudah berada di Stasiun Banyuwangi Baru, sedangkan kereta yang akan kami naiki berangkat jam 7 pagi. Itu artinya masih ada 4 jam untuk beristirahat, dan Dimas langsung gelar SB buat ditiduri kami bertiga, lagi-lagi saya tidur di stasiun...
Jam 7 tet, kereta Sritanjung tujuan akhir Yogyakarta berangkat, kereta ini akan mengantarkan saya menuju Surabaya. Selama 7 jam perjalanan, kami bertiga hanya tidur, asik dengan gadget sendiri dan juga ngobrol :D Sesekali kami jajan dan membeli nasi bungkus di kereta.
Akhirnya...jam 2 siang, sampailah kami di stasiun gubeng, kami disambut dengan panas teriknya matahari Kota Surabaya. Entah kenapa, saya merasa berat mengakhiri ini semua :( Bagi saya, jika melakukan perjalanan terlalu lama, bagian terberat adalah berpisah dengan travelmate yang sudah menemani cukup lama. Dan juga, saya merasa akhir perjalanan kali ini tidak terlalu menyenangkan, ada yang belum terselesaikan, dan... ahh! Biar saya saja yang tau :) Terima kasih banyak kepada teman-teman Backpacker Regional Jabodetabek atas perjalanan yang menyenangkan ini, semoga kalian bisa kembali kompak seperti saat saya berkumpul dengan kalian sebelum lebaran kemarin :)