Senin, 24 September 2012

Tana Toraja (South Celebes Trip)

Day 3, 21 Januari 2012
EXPLORE TANA TORAJA
Jam 6 pagi, sopir kami minta beristirahat di tempat makan dengan view bukit nona. Sambil menikmati matahari yang mulai keluar dari persembunyiannya, kami sarapan pagi terlebih dahulu. Akhirnya jam 9 pagi kami sampai di Toraja, dan kami mengunjungi secara berurutan: Londa, Lemo, dan Kete Kesu.

bukit nona
with my classmate x)
keren khan...

LONDA
Menurut saya, Londa seperti makam batu yang curam, dimana peti mati mayat diatur sesuai dengan garis keluarga. Di sini terdapat hamparan rumput hijau yang sangat menyejukkan hati, apalagi kalo ngeliatnya sesudah melakukan perjalanan jauh dari Makassar ke Toraja :) Sejuk banget dah...

Tongkonan ditemani hamparan rumput
Makam batu di Londa
bareng cewe-cewe dari Australia

LEMO
Menurut saya, Lemo suasananya sedikit mistis, apalagi ada goa yang ternyata di dalamnya cukup luas dan berisikan tengkorak dan bermacam-macam tulang x_x. Lemo tidak berbeda dari Londa, yang juga merupakan makam batu khas Toraja. Pada waktu tertentu, pakaian dari mayat-mayat disini akan diganti dengan upacara Ma Nene. Disini juga saya menemukan kerbau yang kalo dijual harganya bisa sampai ratusan juta.

iniloh kerbau yang mahal banget itu...
makam batu di Lemo

keadaan goa di makam batu Lemo

KETE KESU
Tempat favorit saya adalah Kete Kesu, karena banyak Tongkonan. Intinya, kami di Toraja untuk wisata kuburan dan budaya Suku Toraja, sebuah hal yang baru bagi saya dan juga sangat menyenangkan \(´`)/

Tongkonan :)
Me & Tongkonan

the team

Sekitar jam 4 sore, kami melanjutkan perjalanan ke Palopo untuk mengunjungi rumah Ritsa (adek kelas saya di UNAIR) dan disana kami disuguhi banyak makanan oleh orang tua Ritsa. 2 Jam kemudian, kami menuju ke Palopo Utara tempat kami menginap, yaitu  dirumah teman Oliv. Alhamdulillah, malam ini dapat tumpangan gratis lagi :)