Senin, 24 September 2012

Explore Sorowako (South Celebes Trip)


Day 4, 22 Januari 2012
EXPLORE SOROWAKO
Pagi Palopo \(´`)/
Hari ini, tanpa sarapan, kami melanjutkan perjalanan ke Sorowako, kota kecil yang dikelilingi oleh perbukitan. Durasi perjalanan dari Palopo ke Sorowako sekitar 4-5 jam, dengan menaiki taxi gelap (mobil Panther) seharga Rp 50.000. Sepanjang perjalanan, saya paling suka saat lewat Malili, banyak sungai besar disana. Setibanya di Sorowako, kami diturunkan di dermaga, dan hal pertama yang kami lakukan adalah makan! Sorowako memiliki wisata Danau Towuti, yang merupakan danau terluas no.2 setelah Danau Toba, dan Danau Matano, yang merupakan danau terdalam se-Asia Tenggara. Danau Matano ini jernih banget loh dan memiliki kedalaman mencapai 600 meter, ga kebayang deh kalo kecemplung disitu, apalagi yang ga bisa berenang :D Katanya sih di danau ini terdapat ikan purba Butini, cuma saya belum melihatnya dengan mata kepala saya sendiri.

dermaga di sorowako 



bareng si mbah :D

PANTAI IDE


Saat kami berada di Pantai Ide, kami bertemu dengan Rendra, teman baru asal Bogor yang sedang ada proyek di Sorowako. Dan kami diantarkan ke Wasuponda untuk mengunjungi Air Terjun Matabuntu, yang akhirnya menjadi Air Terjun bertingkat favorit saya.





Setelah itu, kami diajak mengunjungi kebun pembibitan bermutu tinggi milik PT INCO....









Sore menjelang, kami harus menuju terminal untuk naik bis menuju Makassar. Kami diantar Rendra sampai terminal, dan kami berpisah dengan Rendra disini, terima kasih banyak sudah diantar berkeliling Sorowako dan Wasuponda yaaa, semoga kita bisa bertemu di lain waktu, Rendra :)
Kami memesan Bis executive seharga Rp 175.000, berangkat jam ½ 8 malam dan memiliki durasi perjalanan 12 Jam. Malam ini, kami berlima tidur di dalam bis yang sangat dingin.

4 komentar:

  1. artikelmu disini kurang lengkap, soalnya yg bikin penasaran orang itu brp kedalaman danau matano kok sampe sampe dijulukin danau terdalam seasia tenggara?

    Ban nya dump truck tuh pasti setinggi manusia ya?? gede bgt sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dikasih data mengenai kedalamannya tuh :)

      iya, gede banget >.<

      Hapus
  2. "sorowako"
    kota kecil yg sejuk, hijau dan damai :)

    BalasHapus
  3. yeee...ke soroako lagi yuk, dah lama banget gak kesana
    mas halim, mba nuqeee piye kabare

    BalasHapus