Senin, 24 September 2012

Rammang-Rammang (South Celebes Trip)

Day 5, 23 Januari 2012
Tepat jam 8 pagi, kami sampai di Makassar dan langsung sarapan nasi kuning lengkap dengan macam-macam lauknya seharga Rp 3000, murah dan porsinya banyak (ˆڡˆ) Oiya, kami hari ini akan dijemput oleh mas Wildan, teman mas Halim yang bekerja di Frisian Flag, Makassar. Kami sempat mandi dan beristirahat sebentar dirumah mas Wildan, bahkan kami disuguhi makanan (lagi).
Sekitar jam 12 siang, kami dan mas Wildan beserta anak dan istrinya menuju ke Maros. Kami mengunjungi Rammang-Rammang yang pemandangannya subhanallah. Kami ditemani oleh Ancha, dari Backpacker Makassar untuk berkeliling Rammang-Rammang. Kami menyewa kapal seharga Rp 100.000 untuk berkeliling disekitar sini, dan memang dengan menyewa kapal, acara keliling Rammang-rammang jadi lebih memuaskan.

Yang saya tau tentang Karst Maros-Pangkep :
Kawasan Karst di Maros-Pangkep ini katanya terluas kedua di dunia setelah kawasan karst di Cina. Gugusan karst yang terdapat di Kabupaten Maros dan Pangkep, Sulawesi Selatan yang sebagian masuk dalam wilayah Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung membentang seluas 43.750 hektar. Karst Maros Pangkep bukan sekedar deretan cadas. Karst Maros Pangkep berbentuk menara-menara yang berdiri sendiri maupun berkelompok membentuk gugusan pegunungan batu gamping yang menjulang tinggi. Di antara bukit-bukit tersebut membentang dataran, dengan permukaannya yang rata. Katanya juga, disini terdapat ratusan gua, dan jika di akumulasikan, gua tersebut merupakan gua terpanjang dan terdalam di Indonesia, dan juga terdapat beberapa spesies langka yang terdapat di dalam gua.

sajian pertama :)
mulai susur sungai
sajian saat mulai naik kapal :)
masih berlanjut sajian kerennya...
diseberang sana banyak goa loh...
masterpiece ^,^b
Ancha, temen BPI Celebes
inilah team susur Rammang2 di saat itu
Me & the Karst
my fave place :)
Malamnya, saya dan teman-teman diajak oleh mas Wildan menghabiskan malam di Pantai Losari sambil makan pisang eppe. Jujur, saya kurang suka suasana malam di Losari, karena sangat banyak pengamen yang berlalu lalang, dan memaksa meminta uang -,-
Malam ini, kami menginap di rumah mas Wildan. Para cewe tidur dilantai 2 dan lelaki di lantai 1. Saya banyak bersyukur malam ini, mengingat selama perjalanan di Sulawesi, saya bertemu dengan banyak orang-orang baik :)
Rammang-rammang saya nobatkan menjadi tempat favorit saya di Sulawesi Selatan ^,^b