Jumat, 26 Juli 2013

Hello Medan - Northern Andalas Trip Part 2

Perjalanan masih berlanjut.....
Setelah melewati sehari di Bandung, dan 4 hari di Aceh dan Pulau Weh, saya dan travelmate masih akan explore beberapa daerah di Sumatra Utara. Sebenarnya tujuan utama saya adalah mengunjungi danau terbesar di Indonesia, Danau Toba; dan juga air terjun tertinggi di Indonesia, Sipiso-piso. Perjalanan santai pun dimulai disini, inilah cerita perjalanan saya selama 3 hari Sumatra Utara...

View Toba (from Tongging)
Day 6 Minggu, 12 Mei 2013
Medan --> Parapat --> Samosir
08.00 WIB
Kami bertiga sampai di pul bis "Sempati Star"yang terletak di Jalan Pondok Kelapa, Medan, setelah menempuh hampir 12 jam perjalanan, dan semalaman saya susah tidur karena kedinginan (gara-gara AC ngowos). Saya sempat meminta kepada 2 travelmate saya untuk istirahat sebentar di pool bis sebelum lanjut naik bis lagi menuju Parapat. Tujuan kami selanjutnya adalah Danau Toba dan Samosir, dan entah kenapa rasanya saya enggan sekali beranjak untuk naik angkot menuju terminal untuk kemudian naik bis lagi, saya hanya ingin makan-mandi-tidur. Dan saya berpikir, betapa egoisnya saya, di seberang kursi sana NK dengan sabar menunggui saya, sambil sesekali menanyakan "jam berapa mau jalan, Qee?". Okeh, mari kita lanjutkan perjalanan!

10.00 WIB
Kami baru dapat angkot menuju terminal Amplas, dan...sopir angkot disini ngawurrr bawa kendaraannya!!! -,- Setelah menempuh sejam perjalanan di jalanan yang padat, dan membayar Rp 5000, kamipun sampai di terminal Amplas. Disini saya berpisah dengan Ramdan, dia stay di Medan untuk suatu alasan, padahal dialah yang sudah pernah ke Toba, tapi yasudahlah... Maka dari sini perjalanan saya dan NK menyusuri tempat baru dimulai lagi! Kami naik bis "Sejahtera" seharga Rp 25.000 dengan durasi 3-4 jam perjalanan menuju Parapat. Jam 14.20 sampailah kami di penyebrangan Tiga Raja, disini terdapat 2 kapal dengan tujuan Tomok dan Tuktuk. Kami memilih Tuktuk sebagai tujuan kami atas saran dari teman-teman kami.

Jadwal penyebrangan

14.35 WIB
Melihat indahnya Danau Toba membuat capek dan lapar saya hilang seketika, totally falling in love with this lake! Sepanjang perjalanan menuju Samosir, saya hanya memandang dan menikmati pemandangan Toba saja :) Sekitar 20-30 menit kemudian, sampailah kami di Carolina Cottage, rencananya kami akan menginap disini.

Carolina Cottage
Penginapan ini cukup bagus, disamping itu tarifnya juga sangat terjangkau, tarif termurah untuk kamar yg paling atas adalah Rp 75.000. Kami menyewa 2 kamar, di kamar saya terdapat balkon dan tentu saja, view langsung ke Danau Toba. Beautiful view :)

View Toba dari kamar saya

20.00 WIB
Menjelang malam, saya makan di restoran Carolina (merapel sarapan, makan siang dan juga makan malam), makanannya enak dan harganya terjangkau, ditambah koneksi wifi yang kencang, siapa yang gak betah berlama-lama disini, hehehe.

Day 7 Senin, 13 Mei 2013
Samosir --> Karo --> Berastagi --> Medan
07.00 WIB
Bangun tidur dan rasanya gak rela banget buat beranjak dari kasur, pengen tidur sampai nanti siang. Tapi, mau gak mau saya harus bersiap-siap meninggalkan pulau ini :( Setelah mandi, berpakaian, dan packing, saya menuju ke restoran untuk menyempatkan sarapan. Saya sarapan nasi goreng sambil menikmati pemandangan danau toba dari beranda restoran, juga ditemani oleh buaian hawa dingin ala Samosir. Cukup lama saya bersantai disini menikmati lukisan sempurna sang pencipta, rasanya santai dan menenangkan. SOMEDAY, I'LL BE BACK AGAIN.

Sunrise di Toba (by NK)
Enjoy Toba!
Me & the lake

10.00 WIB
Saya dan NK menyebrang ke Tiga raja, lanjut naik angkot menuju pul bis "Sejahtera" dengan tarif Rp 2.500. Tujuan kami selanjutnya adalah Air Terjun Sipiso-piso yang terletak di Kabupaten Karo. Untuk menuju ke air terjun tertinggi di Indonesia ini, transport yang saya naiki adalah sebagai berikut:
-Naik Bis "Sejahtera" dari pul-nya di Parapat, lalu turun di simpang dua, Siantar (tarif Rp 8.000).
-Naik Elf "Sepadan" (jurusan kabanjahe) dari simpang dua, lalu turun di pertigaan situnggaling, daerah Merek (tarif Rp 15.000)
-Naik bentor dari pertigaan situnggaling untuk menuju air terjun (tarif Rp 5.000/orang)

14.00 WIB
Kami berdua sampai di Air terjun Sipiso-piso disambut dengan hawa sejuk, serta pemandangan hijau yang indah. Setelah membayar tiket masuk Rp 4.000 dan menitipkan barang bawaan di sebuah warung, kamipun segera turun menuju air terjun. Subhanallah, pemandangannya bagus banget!

View di sebelah kiri
View di sebelah kanan
Me & the waterfall

Untuk melihat air terjun dari dekat, kami harus menuruni sekitar >300 anak tangga, jarak antar satu anak tangga ke anak tangga yang lain tinggi juga lho, maka harus hati-hati saat menuruninya. Turunnya sih gampang, naiknya itu lho yang butuh tenaga ekstra! Tapi semua itu terbayar dengan view-view yang menakjubkan :)

16.00 WIB
Kami sudah sampai diatas lagi, setelah kepayahan menaiki anak-anak tangga, sebenarnya sayalah yang payah, NK sih kuat-kuat saja, hehe. Sampai di warung, saya beristirahat sejenak, kemudian makan mi goreng sambil ngobrol dengan Bu Manda, pemilik warung Sikumbang Jati. Orangnya ramah dan suka becanda, betah deh ngobrol sama ibu yang satu ini, asal jangan dicurhatin aja :P

Barengan bu Manda
Oiya, kami berdua bertemu dengan teman baru disini, mereka juga menawari kami tumpangan ke Medan, LUCKY US! Mereka adalah Eko, Wandi, Fauzi, Joshua dan Maya yang datang dari Medan. Dengan datangnya mereka berlima, makin ramelah obrolan kami, becanda sampai sakit perut.

Jo-Wandi-Maya-Eko-Me
At new place with new friends :)

18.30 WIB
Kelar foto-foto dan menikmati view danau toba dari tongging, kami bertujuh meninggalkan Sipiso-piso menuju ibukota Sumatra Utara. Perjalanan menuju Medan cukup menyenangkan, sambil mendengar candaan dari teman-teman baru ini. Ditengah perjalanan kami sempat makan malam di Berastagi, daerah ini cukup ramai ternyata, tempatnya semacam puncak kalo di Jawa. Sebenarnya di Berastagi banyak obyek wisata yang menggiurkan untuk kunjungi, tapi sayang waktunya mepet :( Next time yaaa...

23.50 WIB
Saya dan NK diantar oleh Eko, Joshua, Wandi, dan Fauzi sampai ke rumah Ko Wilson. Makasih banyak teman baru, semoga kita bisa ketemu lagi :) You Rock!!!

Day 8 Selasa, 14 Mei 2013
Medan --> Bandung
12.00 WIB
Kami baru jalan lagi setelah bermalas-malasan dirumah Ko Wilson, tujuan kami selanjutnya adalah Istana Maimoon dan Masjid Raya Al-Mashun, dan kali ini kami ditemani oleh Adi dari Backpacker Medan (teman baru lagi :p).

Istana Maimoon
Singgasana
Masjid raya Al-Mashun
Setelah jalan-jalan setengah hari di bawah langit Kota Medan yang panas, dan makan di warung kaki lima depan masjid raya, kami berdua berpamitan kepada Adi, makasih untuk hari ini ya :) Kami naik bentor menuju Bandara Polonia dengan tarif Rp 10.000.

17.00 WIB
Setelah check in, kami memutuskan untuk masuk waiting room, padahal pesawat kami jam 18.30 :p Sebenarnya kami masih memiliki sisa waktu sekitar satu jam lebih, tapi karena bingung mau kemana, jadinya kami hanya santai-santai di waiting room. Perasaan sedih dan senang menjadi satu, di sisi lain saya sedih karena akan mengakhiri perjalanan di Sumatra, sisi lainnya saya senang karena akan kembali ke Jawa.

20.45 WIB
Pesawat saya landing dengan mulus di Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Sebenarnya masih jauh dari rumah, tapi setidaknya saya sudah sampai di daratan Jawa, haha! Di pintu kedatangan, saya sudah ditunggu oleh pacar yang rela datang dari Jakarta untuk menjemput saya :*

Akhirnya...perjalanan saya selama seminggu di Sumatra berakhir juga, sangat banyak pengalaman dan cerita yang saya dapat, tetapi tidak dapat saya jabarkan semuanya disini. Saya banyak berterima kasih kepada orang-orang baik yang saya temui dalam perjalanan saya, dan berterima kasih pada alam semesta yang selalu membantu saya baik secara langsung maupun tidak langsung.

See you on my next long trip :)