Selasa, 18 Juni 2013

Kulineran di Sabang

Saya suka sekali mencoba hal-hal baru, apalagi mencoba makanan khas daerah yang belum pernah saya kunjungi. Mumpung saya bisa menginjakkan kaki di Pulau Weh, atau yang biasa disebut Kota Sabang, pastinya saya menyempatkan untuk mencicipi kuliner khas pulau yang letaknya di ujung barat Indonesia ini. Inilah beberapa kuliner khas yang saya nikmati, cekidot.....

1. Sate Gurita
Kalau biasanya saya suka menikmati daging gurita didalam takoyaki, sushi, dan olahan masakan jepang lainnya, kali ini saya mencoba menikmati gurita dengan cara di sate. Yap! sate gurita adalah kuliner terkenal di Sabang, tekstur daging gurita yang kenyal membuat sate ini unik. Pada saat itu saya mencoba sate gurita yang terdapat di PUJASERA (PUsat JAjanan SElera RAkyat), ada 2 pilihan yaitu bumbu kacang atau bumbu padang, saya memilih bumbu padang. Rasanya cukup unik, tapi pas dengan lidah saya, dan yang pasti bikin nagih (apalagi kalau satenya dibumbu kacang).

Sate Gurita bumbu padang Rp 10.000

2. Mi Jalak
Mumpung lagi di Sabang, saya menyempatkan diri mampir ke Kedai Pulau Baru, yang terletak di Jalan Perdagangan 29, Kota Sabang, untuk mencicipi kuliner khas yang hanya ada ditempat ini, yaitu Mi Jalak. Mi Jalak merupakan mi berkuah bening yang dicampur dengan toge dan diatasnya ditaburi potongan daging ikan dan juga seledri. Rasanya unik dan porsinya mengenyangkan! Oiya, kita juga bisa minta ditambahkan telur setengah matang lho, yang pastinya rasanya lebih unik lagi :p


Seporsi Mi Jalak Rp 10.000

3. Mi Sedap
Mi Sedap (teman saya menyebutnya begitu) adalah versi lainnya dari Mi Jalak, tetapi dihidangkan tanpa kuah (versi saya sih). Saya menikmati mi ini di Kedai Mie Sedap yang terletak di Jalan Perdagangan 48, Kota Sabang. Rasanya enak dan (lagi-lagi) porsinya mengenyangkan (versi saya).
Seporsi Mi Sedap Rp 10.000

4. Rujak Buah
Sama seperti rujak buah pada umumnya, tapi rasanya segerr dan bikin nagih. Gimana ga nagih, pada saat itu saya makan rujak sambil menikmati Pantai Anoi Itam, hehehe. Siraman bumbu rujak yang berisi kacang uleg bercampur gula merahnya cukup banyak, ditambah taburan kacangnya ngebuat saya ngiler waktu nulis postingan ini (lebay!). Rujak ini saya nobatkan sebagai kuliner faforit saya di Sabang!
Rujak Buah Rp 6.000

5. Salak Sabang
Apa yang membedakan Salak Sabang dengan dengan salak lainnya? menurut saya, Salak Sabang memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan salak lainnya, tetapi rasanya manis. Salak ini banyak dijual di Pelabuhan Balohan, teman saya sempat beli sekilo, dan saya ikutan makan dan keterusan, hehehe :p

6. Mangga Sabang
Saya menemukan ada mangga sebesar ini ya di Sabang, gendut banget mangganya :p Yang saya tau, mangga gendut ini dijual di warung-warung di sekitar Pantai Pasir Putih. 
Giant Mango :p

Itulah beberapa makanan khas yang sempat saya coba selama di Sabang, sayangnya saya belum nyobain Bakpia Sabang dan Mi Kepiting :( Yah, semoga suatu saat saya bisa kembali menginjakkan kaki lagi di Sabang, Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar